Pages

Minggu, 08 April 2012

MATERI JARINGAN

KUPULAN MATERI JARINGAN CREATE BY MAGAI_EN ALEX


perangkat Jaringan Komputer

1.      Perangkat Jaringan Utama
Perangkat utama jaringan memiliki peran yang sangat penting dalam suatu jaringan komputer. Apabila salah satu perangkat utama tidak ada, maka suatu jaringan tidak dapat digunakan untuk berkomunikasi antara satu komputer dengan komputer yang lai
  (Komunikasi Data dan Jaringan Komputer, Edi Sutanta, 2005)
a.       Kartu Jaringan (LAN CARD)
   Kartu jaringan merupakan perangkat paling utama yang harus terpasang pada komputer. Setiap komputer dapat di hubungkan dengan suatu jaringan melalui kartu jaringan. Dengan adanya kartu jaringan, proses tukar-menukar data atau informasi antara satu komputer dengan komputer yang lainnya dapat terjadi seperti pada gambar :

b.      Kabel Jaringa
      Komputer membutuhkan sebuah media transmisi untuk dapat terhubung dan melakukan segala bentuk kegiatan di jaringan. Media transmisi ada beberapa macam, salah satunya adalah kabel. Kabel pada jaringan komputer kita gunakan untuk menghubungkan antara suatu server dengan workstation, atau sebaliknya. Ada 3 buah kabel jaringan adalah kabel coaxial, kabel twisterd pair dan kabel fiber optik seperti pada gambar :
                                              
c.       Konektor
 Konektor adalah peripheral yang di pasangkan pada ujung kabel UTP. Tujuannya agar kabel dapat di pasang pada port LAN CARD. Biasanya dalam jaringan komputer konektor yang dipakai adalah konektor RJ-45. untuk memasang ujung-ujung kabel UTP dengan konektor EJ-45, maka diperlukan sebuah alat yang dinamakan plug crimper (crimping tool) seperti pada gambar :
Gambar 4.7 Konektor
2.      Perangkat Bantu Utama
            Perangkat bantu jaringan berfungsi untuk membantu sebuah jaringan agar dapat dihubungkan dengan jaringan lain dengan skala yang lebih besar dan luas, seperti jaringan antar kota, antar negara, antar benua atau jaringan global internet.
1.       HUB      
             Hub merupakan alat yang mempunyai fungsi sebagai tempat untuk menerima file-file data dari komputer untuk kemudian meneruskannya ke komputer atau tempat lain pada suatu jaringan. Hub biasanya digunakan pada jaringan bertopologi star. Batas maksimum paralel antar hub adalah tiga buah hub. Apabila jumlah paralel antar hub lebih dari tiga buah, maka untuk menghubungkan jaringan membutuhkan sebuah router. Hub yang beredar di pasaran memiliki jumlah port yang berbeda-beda, mulai dari 5 port sampai dengan 64 port. Hub di hubungkan ke komputer menggunakan kabel UTP dengan konektor RJ-45 yang terpasang pada ujung-ujungnya seperti pada gambar :

2.      Switch
                      Sebenarnya switch hampir sama dengan hub, perbedaan antara switch dan hub adalah:
a.         Kecepatan akses switch lebih besar dibanding hub. Contohnya, apabila kecepatan switch dengan akses 100 Mbps maka keluaran kecepatan akses tersebut tetap atau sama dengan 100 Mbps. Sementara pada hub apabila terdapat 4 buah client  yang sama, maka kecepatan aksesnya terpisah menjadi 4, tidak tetap seperti switch.
b.         Switch hanya mentransfer data yang diterimanya, kemudian meneruskan hanya pada port yang dituju saja. Adapun hub membroadcast data yang masuk pada semua port yang dimilikinya.Karena menawarkan kinerja transfer dan akses data yang lebih baik, beberapa pemakai lebih senang menggunakan switch daripada hub seperti pada gambar : 
3.      Repeater

  Fasilitas paling sederhana dalam internetwork adalah repeater. Fungsi utama repeater adalah menerima sinyal dari satu segmen kabel LAN dan memancarkannya kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada segmen (satu atau lebih) kabel LAN yang lain. Repeater beroperasi pada Physical layer dalam model jaringan OSI. Jumlah repeater biasanya ditentukan oleh implementasi LAN tertentu.Penggunaan repeater antara dua atau lebih segmen kabel LAN mengharuskan penggunaan protocol physical layer yang sama antara segmen-segmen kabel tersebut. Sebagai contoh, repeater dapat menghubungkan dua buah segmen kabel Ethernet 10BASE2. 

            5.  Modem
               Modem merupakan kependekan dari Modulator Demodulator. Alat ini memungkinkan PC, mini komputer, atau mainframe untuk menerima dan mengirimkan paket data dalam bentuk digital malelui saluran telepon. Modem digunakan untuk menghubungkan PC dengan internet. Modem terdapat dua macam yang dapat kita gunakan, yaitu modem internal den modem eksternal. Modem internal berupa sebuah kartu yang dapat kita pasangkan pada salah satu slot komputer dan menggunakan power supply dari PC. Sementara modem eksternnal  biasanya terletak di dalm case tersendiri, menggunakan power supply terpisah, dan pada umumnya memiliki adaptor seperti pada gambar :
 3. Perangkat Jaringan Wireless
               Pemanfaatan perangkat jaringan wireless (nirkabel) semakin meluas dan diminati oleh banyak pengguna jaringan. Hal ini karena jaringan wireless terlihat lebih praktis karena tidak memerlukan banyak kabel dalam jaringan.Berikut perangkat-perangkat jaringan wireless yang minimal harus kita ketahui untuk membangun jaringan wireless yaitu:
 1. Access Point
 Access point merupakan alat terpenting dalam membangun jaringan  wireless maupun jaringan hotspot. Pada dasarnya access point merupakan hub untuk wireless dan bridge untuk jaringan LAN UTP. Oleh karena itu, biasanya pada access point terdapat port untuk konektor RJ-45.Untuk menghindari collision atau tabrakan antar data baik yang diterima maupun yang dikirim, access point menggunakan media accessCarrier Sense Multiple Acccess with Collision Avoidance atau yang biasa disebut dengan CSMA/CA.
Secara standarisasi, access point bekerja pada lapisan Data Link dan lapisan fisik dari standarisasi OSI, sehingga protokol komunikasi atau transfer datanya masih memeakai protokol TCP/IP seperti pada gambar:
            2. Wireless Adapter (Wireless LAN)
                 Wireless adapter dipakai oleh komputer client untu menerima dan mentransmisikan sinyal. Wireless adapter mempunyai prinsip kerja yang hampir sama dengan sebuah access point, tapi lebih sederhana. Apabila dalam sebuah access point terdapat memory maupun processor, maka pada wireless adapter memory yang disediakan lebih kecil karena memang penggunaannya tidak sekompleks access point. Berdasarkan penggunaannya, secara umum wireless adapter dibedakan menjadi dua macam, yaitu :
a.         Wireless adapter untuk PC
                 Wireless adapter untuk PC pada umumnya menggunakan slot PCI. Selain wireless adapter slot PCI, untuk komputer desktop bisa kita pasang dengan menggunakan card PCMCIA. Namun demikian, untuk memasangnya diperlukan lagi suatu holder untuk card tersebut, sehingga akan membutuhkan lebih banyak biaya dalam operasionalnya.
b.         Wireless adapter untuk notebook, PDA, dan lainnya
                 Berbeda dengan wireless adapter pada komputer desktop, wireless adapter pada notebook berupa sebuah card yang biasa disebut dengan Personal Computer Memory Card International Association (PCMCIA). Sebenarnya card PCMCIA tidak hanya digunakan pada notebook saja, tetapi juga bisa digunakan pada komputer desktop, tetapi untuk itu diperlukan hardware baru yang diberi nama holder.
             3. Antena Eksternal
                    Untuk menambah jarak jangkauan pancaran wireless LAN, kita membutuhkan sebuah antena eksternal diletakan pada luar gedung. Hal tersebut dimaksudkan agar pancaran sinyal yang diterima oleh wireless LAN tersebut dapat mencapai jarak yang jauh. Biasanya yang dapat dicapai oleh antena eksternal mencapai 5-10 km.Supaya sinyal tidak hilang, maka jarak antena dengan card wireless harus berdekatan (tidak boleh berjahuan).
                    Kabel untuk menghubungkan wireless LAN dengan antena eksternal menggunkan kabel coaxial (50 ohm).Beberapa warnet meletakan PC yang menggunakan wireless LAN  pada atap warnet. Hal tersebut dimaksudkan agar jarak antara wireless LAN dengan antena luar (antena eksternal) dapat sedekat mungkin dan untuk menghindari hilangnya sinyal berlebihan pada kabel coaxial tersebut.
                             (http://my-wifi.blogspot.com/2007/09/perangkat-rt-rw-net.html)